Fakta Unik Tentang Tumbuhan

Fakta Unik: Semua Tentang Tanaman  Bisa  dibayangkan tidak,   dunia   tanpa    tanaman...? Pasti  sumpek banget dan makhluk seperti kita beserta binatang-binatang di dunia pasti mati karena kehabisan oksigen. Yup, tanaman adalah makhluk hidup yang memiliki nilai sangat penting dalam ekosistem bumi kita yang semakin panas ini.Dan dunia    tumbuhan memiliki   beraneka ragam   jenis dan keunikan yang tidak kita bayangkan   sebelumnya. Tidak percaya? Perhatikan fakta berikut ini:

   1.   Tahukah Anda bunga dengan ukuran terbesar di dunia? Kalau  Anda       menjawab Rafflesia  arnoldii,  maka  jawaban  Anda tidak salah. Tanaman  ini   memang   bisa   tumbuh  dengan lebar hingga semeter dan berat  bisa    mencapai  11 kg.Tanaman ini hanya muncul     di  hutan   Sumatera     dan Kalimantan.Tapi,tahukah   Anda   bahwa  Amorphophallus   titanum   atau   dikenal dengan   nama   The Titan   Arum   bisa   mencapai   tinggi   semeter dengan tinggi hingga 3 meter, serta mampu mencapai berat 80 kg atau sekitar 170 pound! Kalau mau tahu bentuk bunga itu, lihatlah   pada   uang   kertas   500
rupiah   jaman   dulu,   yup   itulah  bunga bangkai yang pernah ditemukan di pedalaman Sumatera.  

2.   Kalau   ada   bunga   terbesar   di   dunia,   pasti   ada   bunga   dengan   ukuran     paling   kecil di  dunia.Pemegang   rekor bunga terkecil di dunia jatuh pada tumbuhan pada  jenis   genus   Wolffia,   sejenis   tanaman   tanpa   akar  yang   sangat   kecil   pada   jenis   keluarga   duckweed  (Lemnaceae) yang hidup di aliran air yang tenang dan   kolam.   Tumbuhan   ini   juga   dianggap   sebagai  tumbuhan        dengan ukuran terkecil di dunia. Terdapat dua    spesies    pada   genus      Wolffia,   yaitu  Wolffia  augusta, spesies Australia, dan  Wolffia globosa, spesies tropis. Rata-rata   jenis   tanaman   ini   hanya   memiliki   ukuran   tidak   lebih dari 1 mm, dengan berat average hanya 150 mikrogram!


3.   Hampir   semua   tumbuhan   berasal   dari   benih   (seed).   Tahukah Anda,     bahwa    benih   yang   memiliki  ukuran    paling   besar   dan   berat   di   dunia    adalah   Coco-de-Mer        Palm (Lodoicea     maldivica)   yang   berasal dari    Kepulauan        Seychelles      di  Samudra      Hindia.   Panjangnya     bisa mencapai      12   inchi  dengan     berat bisa      mencapai         40      pound. Sedangkan       benih    yang    memiliki ukuran paling kecil di dunia adalah yang berasal dari keluarga  anggrek  (Orchidaceae).   Satu   benih   beratnya   hanya   mencapai 1/35.000.000 ounce!


  4.   Dulu   sebelumnya,   pohon   dengan   rekor   paling   tinggi  di    dunia   jatuh   pada    pohon    di  Taman      Nasional Redwood        yang     dinamai    Stratosphere        Giant.Tingginya mencapai 113 meter. Namun diduga rekor  itu   telah   dipatahkan   oleh   penemuan   tiga   pohon   di Taman   Nasional   yang   sama.   Diduga,   tinggi   pohon  yang   dinamakan  Hyperion  itu   bisa   mencapai   115,2 meter.   Sampai   saat   ini   masih   menunggu   konfirmasi untuk menetapkan Hyperion menjadi pohon tertinggi di dunia.



5.   Mau tahu organisme apa yang paling besar di muka bumi ini? Gajah?   Bukan.   Paus   Biru?   Juga   bukan. Jawabannya adalah sejenis jamur  (Fungus) yang bernama armillaria ostoyae atau jamur   madu   yang   dihidup   di   Hutan  Nasional Malheur di daerah timur Oregon,  USA.Jamur itu  hidup  kira-kira  3  kaki  di  bawah    permukaan  tanah dan  memiliki   luas sekitar 890 hektar    organisme      yang    hidup   di  bawah    tanah    itu  ternyata   bukan gerombolan jamur, tapi hanya satu jamur saja!




6. Mau tahu jenis tanaman   apa   yang   sejak   jaman  dinosaurus      hingga    sekarang  tetap masih ada? Jawabannya adalah  pohon  maidenhair atau dikenal   dengan   nama   spesies  Ginkgo   atau Ginkgo Biloba. Jenis tanaman itu telah ada pada periode Jurrasic dan periode Triassic (135-210 juta tahun yang lalu)!


sumber:http://www.wikimu.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Serba-Serbi dengan judul Fakta Unik Tentang Tumbuhan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://dyenps.blogspot.com/2012/07/fakta-unik-tentang-tumbuhan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, July 4, 2012
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Fakta Unik Tentang Tumbuhan"

Post a Comment

Followers

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2011. Duta PLaystation - All Rights Reserved
Blog By : Dyen PS
Template Editing by Blog Anak Bima